KATA PENGANTAR

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Puji dan Syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan rahmat dan karuniaNya kita masih diberi nafas kehidupan sampai saat ini. Kami berusaha memaksimalkan rahmat kehidupan ini dalam bentuk penyusunan blog ini demi pendidikan yang dapat berguna bagi semua

Blog ini kami buat untuk memenuhi tugas dari Bapak Taat Prasetyo, S. Kom., selaku guru "Prakarya dan Kewirausahaan". Oleh karena itu, dengan adanya blog ini dapat memudahkan kami dalam pembelajaran dan hubungan timbal balik antara guru dan siswa.

Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada blog ini. Oleh karena itu, kami mengundang visitor untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun kami. Kritik konstruktif dari pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan blog ini selanjutnya.
Akhir kata semoga blog ini dapat memberikan manfaat bagi kita.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sabtu, 23 Januari 2016

Kreasi Sederhana "Sandal Koran"

Sampah adalah masalah nyata terbesar yang dihadapi umat manusia dari dulu, kini, dan esok. Salah satu golongan sampah yang mengkhawatirkan adalah sampah anorganik. Namun, beruntung. Kini banyak oknum yang sudah mau bergerak untuk menyelamatkan lingkungan dengan mengolah kembali (recycle) sampah anorganik tersebut.
Koran termasuk sampah organik. Namun, keberadaannya begitu saja dan langsung dibuang sangat patut disayangkan. Sekarang, saya di sini akan memberikan salah satu cara terbaik untuk mengolah kertas koran supaya lebih berarti, yaitu dengan mengubahnya menjadi kerajinan tangan.


Alat :
1. Gunting
2. Cutter
3. Lem tembak


Bahan :
1. Kertas koran
2. Kardus bekas

Langkah Kerja :
1. Buat pola berbentuk telapak kaki Anda di selembar kardus.

 2. Buat pola kaki kanan juga



3. Gulunglah lembar demi lembar kertas koran sehingga menjadi kecil tapi kuat. Namun, ukur terlebih dahulu panjang gulungan kertas dengan lebar cetakan telapak kaki.
4. Gabungkan setiap gulungan secara rapat dan tempelkan menggunakan lem tembak.

5. Rapikan setiap sisi dari sandal sehingga tidak ada potongan kertas yang menyembul keluar dengan cutter.

6. Setelah rapi setiap sisi, tambahlah bagian penutup tempurung kaki (selop) dari lapisan-lapisan kertas koran yang dijadikan satu.

7. Perlakukan hal yang sama pada sandal kanan.

8. Sandal dari koran pun sudah jadi !!!


Selamat berkreasi dan selamatkan lingkungan !!!

Tidak ada komentar: